Kaji Roadmap Pengelolaan JIS, Jakkon Kolaborasi dengan ASM Global

Jakarta – Ingin berkontribusi positif terhadap pengelolaan Jakarta International Stadium (JIS) yang dalam waktu dekat akan segera diresmikan, PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) anak perusahaan PT Jakpro menjajaki kerjasama yang berkelanjutan  (Sustainability Signing Session) dengan ASM Global (Asia Pacific, India & Middle East) venue & event management berbasis di Amerika Serikat yang fokus bergerak di bidang manajemen stadion, convention centers, theaters, and unique venues.

Kerjasama bertajuk Sustainability Signing Session tersebut berlangsung  bersamaan dengan kehadiran perwakilan dari ASM Global meninjau langsung JIS dari dekat, 19 Mei 2022 .

“Mereka kami ajak berkeliling melihat langsung semua fasilitas yang ada di dalam stadion yang menjadi kebanggan warga Jakarta tersebut mulai dari lapangan utama, tribune VVIP, ruang ganti pemain, ruang konferensi pers dan seterusnya” ujar Direktur Utama PT Jakarta Konsultindo Dwi Budi Sulistiyana.

Melalui kunjungan tersebut, perwakilan dari ASM Global dengan jaringan Internasional serta pengalaman yang dimilikinya tersebut dapat melihat langsung bagaimana profil dan potensi bisinis yang dimiliki JIS yang telah menjadi salah satu fasilitas olahraga berstandar FIFA tersebut.

Sebagai stadion dengan atap yang bisa dibuka dan ditutup, dan memiliki pasaitas 82 ribu penonton ini, Jakarta International Stadium memiliki potensi bisnis yang luar biasa tetapi juga banyak sekali aspek-aspek operasional yang membutuhkan kajian dari orang yang ahli. Ini belum termasuk pengelolaan komersialnya mulai dari mulai event baik dport maupun entertainment misalnya mendatangkan penyanyi internasional dan seterusnya.

“Kami perlu mitra International yang telah terbukti berhasil mengelola stadion agar mendapat pelajaran untuk mengelola JIS dengan baik. Dengan demikian kami bisa segera menyusun roadmap pengeloaan JIS dan membantu Pemprov DKI Jakarta melalui Jakpro untuk mengidentifikasi peluang bisnis dalam pengelolaan JIS. Setelah itu baru kami akan melakukan kerjasama secara teknis dengan ASM Global” jelas Dwi.

Dwi menambahkan penyusunan roadmap itu menjadi penting karena dalam waktu dekat JIS akan segera diresmikan. Karena itu kami berkolaborasi dengan banyak pihak agar mendapatkan masukan untuk menyusun raodmap terbaik.

Penataan Kawasan Pesir Utara Jakarta 

Kerjasama dengan ASM Global ini menerjemahkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi. Jakkon sendiri sebagai anak perusahaan Jakpro yang bergerak di bidang konsultan perencanaan kawasan merintis kemungkinan-kemungkinan kolaborasi dengan ASM Global dalam konteks bisnis di Indonesia secara umum khususnya di Jakarta dan tidak terbatas dengan JIS.

“Kami berharap melalui perjanjian awal ini, dapat menarik investor-investor-investor global setelah meilhat potensi bisnis yang ada disini” cetusnya.

Menurut Dwi, JIS akan menjadi generator ekonomi pembangkit kawasan utara. Sejarah mengatakan zaman VOC pertumbuhan ekonomi bergerak dari pesisir dan bergeser ke wilayah selatan. Apalagi penataan kawasan utara Jakarta ini telah menjadi agenda dari Pemprov DKI dan kami ingin berkontribusi sejalan dengan RPJMD DKI.

“Harapnnya, JIS akan menjadi unlock economy system di kawasan utara. Tentu ini butuh dukungan moda transportasi yang terintegrasi. Karena lahan terbatas dan parkir juga dibatasi, kami berharap orang yang datang ke JIS menggunakan angkutan massal dengan tujuan menjadikan Jakarta sebagai kota hijau (Green City)  yang ramah lingkungan”

Sebagai gambaran di Pelabuhan Pelindo setiap bulan ada kapal pesiar  merapat untuk menurunkan anak buah kapal 350 orang lebih sementara penumpangnya ribuan, tetapi sayangnya mereka tidak turun. Ini potensi yang besar. Bayangkan kalau kawan pesisir utara ini kita kembangkan tentu akan menarik buat wisatawan.

“Semua ini akan terwujud kalau kita mampu mengemas perencanaan yang terintegrasi dengan kawasan dengan sistem ekonomi pendukungnya dengan industry sector, karena itu kami bersyukur beberapa infrastruktur pendukung JIS akan segera diwujudkan dalam beberapa tahun kepan” tandasnya.

Let's Get in

Touch

PT. JAKARTA KONSULTINDO

Gedung Thamrin City Lt.1 Unit CR/L 1-01 Jl. Thamrin Boulevard Jakarta Pusat – 10340

+62 21 22393028
+62 21 22393029
+62 21 22393031
info@jkonsultindo.com

Konsultan Perencana PADU (Planning – Architecture- Design- Urbanism) yang unggul dan memiliki kompetensi kelas nasional dan internasional

HeadQuarter

Konsultan Perencana PADU (Planning – Architecture- Design- Urbanism) yang unggul dan memiliki kompetensi kelas nasional dan internasional